Sudah Kirim Banyak Lamaran Kerja, Tapi Belum Juga Mendapat Panggilan Kerja?

Setelah mengirimkan banyak lamaran kerja ke berbagai perusahaan, mendapatkan panggilan untuk interview kerja merupakan kabar yang membahagiakan bagi para pencari kerja yang telah menantikannya selama ini. Namun seringkali lamaran kerja Anda berakhir tanpa adanya panggilan untuk interview kerja. Hal ini pasti akan membuat Anda kecewa dan putus asa, terlebih jika Anda sudah mengirimkan banyak lamaran kerja ke berbagai perusahaan selama ini.

Akhirnya, timbul banyak pertanyaan yang muncul dari para pencari kerja mengapa lamaran kerja yang dikirim tidak pernah berhasil, padahal Anda sudah apply ke berbagai perusahaan dan nilai transkrip serta IPK Anda pun sudah cukup memuaskan.

Dalam suatu perusahaan, proses rekrutmen karyawan memiliki cara yang berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Selain itu, ternyata IPK yang memuaskan pun belum cukup untuk membuat Anda bisa mendapat panggilan untuk interview kerja. Banyak aspek-aspek lain dalam portofolio Anda yang juga ikut dipertimbangkan oleh rekruter.

Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan mengapa lamaran kerja Anda tidak kunjung mendapat panggilan dari rekruter:

Tidak sesuai kualifikasi perusahaan

Alasan pertama mengapa Anda tidak kunjung mendapat panggilan kerja adalah kemungkinkan Anda tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Bagi perusahaan, mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Perusahaan tentu ingin mendapat karyawan yang cocok dengan kebutuhan perusahaan agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Contohnya jika dalam suatu lowongan pekerjaan yang diiklankan pengalaman kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah 3 tahun, namun Anda seorang fresh graduate ikut melamar pada posisi tersebut. Tentu Anda tidak dapat masuk dalam kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan, sehingga Anda tidak akan mendapat panggilan dari lamaran kerja Anda karena dianggap bahwa Anda kurang memiliki pengalaman untuk ditempatkan pada posisi tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum Anda mengirim lamaran kerja, pastikan bahwa profil Anda telah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan agar lamaran kerja yang telah Anda kirim tidak berakhir sia-sia tanpa mendapat panggilan untuk interview kerja.

Curriculum Vitae (CV) yang tidak jelas dan kurang menarik

Alasan lain yang mungkin dapat terjadi mengapa lamaran kerja Anda tidak mendapat panggilan adalah mungkin CV yang Anda kirimkan kepada rekruter tidak jelas dan kurang menarik. Tidak sedikit pelamar kerja yang gagal ditahap awal ini hanya karena Curriculum Vitae (CV) yang mereka berikan pada rekruter tidak jelas.

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu bagian yang sangat penting jika Anda melamar kerja. CV yang tidak jelas dan asal-asalan tentu dapat mempengaruhi keputusan rekruter terhadap Anda.

Contohnya sederhana nya, foto yang Anda lampirkan dalam CV Anda adalah foto yang tidak jelas dan tidak formal, seperti foto dengan latar belakang kamar tidur serta foto tersebut hanya diambil dengan menggunakan handphone yang memiliki kamera dengan kualitas yang kurang baik. Meskipun terlihat sederhana, hal-hal seperti ini ternyata dapat membuat Anda gagal saat melamar kerja, karena Anda akan dianggap belum cukup dewasa dan kurang profesional untuk bekerja di perusahaan mereka.

Selain itu, format CV yang kurang menarik juga dapat membuat rekruter enggan untuk membaca CV Anda. Misalnya, CV yang Anda kirimkan terlalu banyak kalimat yang bertele-tele dan kurang relevan.

Oleh sebab itu, sebelum mengirimkan lamaran kerja pastikan Curriculum Vitae (CV) yang Anda kirim kepada rekruter merupakan CV yang padat, jelas dan menarik. Anda dapat mencantumkan foto formal Anda dalam CV, menuliskan biodata diri dan pengalaman kerja Anda secara singkat dan jelas tanpa bertele-tele, serta membuat CV dengan format yang kreatif dan menarik agar kesempatan Anda untuk dipanggil interview kerja semakin besar.

Tidak mengikuti instruksi yang diberikan

Alasan lain yang dapat membuat Anda gagal menerima panggilan kerja adalah karena Anda tidak dapat mengikuti instruksi yang diberikan.

Saat Anda membaca sebuah iklan lowongan kerja, pasti Anda akan menemukan persyaratan apa saja yang harus Anda ikuti saat mengirmkan lamaran kerja, seperti kualifikasi dan dokumen apa saja yang harus Anda lampirkan.

Contohnya, jika dalam suatu iklan lowongan kerja Anda diminta untuk melampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, namun terdapat satu atau dua dokumen yang tidak ikut Anda lampirkan. Atau misalnya, Anda diminta untuk mengirimkan lamaran kerja Anda melalui email perusahaan yang tertera, namun Anda mengirimkan lamaran keerja Anda hanya melalui nomor telepon whatsapp. Hal-hal seperti ini tentu dapat membuat lamaran kerja yang Anda kirimkan dilewati oleh rekruter, karena Anda akan dianggap kurang profesional dan tidak dapat mengikuti instruksi dengan baik.

Asal memasukkan lamaran kerja ke banyak perusahaan

Alasan seperti ini juga tidak jarang terjadi dalam proses rekrutmen karyawan. Asal memasukkan lamaran kerja ini memiliki banyak arti, misalnya Anda adalah seorang fresh graduate lulusan teknik mesin yang belum punya pengalaman, namun tanpa pikir panjang Anda memutuskan untuk melamar kerja untuk posisi supervisor finance dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun. Hal seperti ini tentu membuat lamaran kerja Anda dilewatkan begitu saja oleh rekruter.

Atau misalnya, Anda mengirimkan sebanyak-banyaknya lamaran kerja Anda ke berbagai perusahaan dengan berbagai posisi yang berbeda-beda tanpa menyesuaikan CV dan portofolio Anda. Mungkin Anda mempunyai pikiran jika mengirimkan lamaran kerja sebanyak-banyaknya ke berbagai perusahaan, Anda akan mendapatkan panggilan kerja setidaknya dari satu perusahaan. Padahal tidak cukup sampai disitu, sebelum Anda mengirimkan lamaran kerja Anda ke berbagai perusahaan, Anda harus menyesuaikan CV dan portofolio Anda sesuai dengan kriteria perusahaan agar lamaran kerja yang Anda kirimkan sesuai dengan kualifikasi dan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk mendapatkan panggilan kerja akan semakin besar.

Itulah beberapa alasan yang dapat terjadi mengapa lamaran kerja Anda tidak kunjung mendapat panggilan. Melamar pekerjaan memang merupakan hal yang cukup sulit dan membutuhkan kesabaran. Namun bukan berarti kamu harus menyerah begitu saja. Perbaikilah hal-hal yang masih kurang dan teruslah asah keahlian dan pengetahuan Anda agar kesempatan Anda untuk direkrut di suatu perusahaan semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *