Etika Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Di era teknologi yang semakin berkembang ini, proses melamar kerja kini dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat. Kini para pelamar kerja tidak diharuskan untuk mendatangi langsung perusahaan yang akan dilamar sebab proses melamar kerja dapat dilakukan melalui internet, salah satunya melalui email. Namun dengan adanya kemudahan ini, tidak jarang para pelamar kerja melakukan kesalahan dalam mengirim lamaran kerja karena kurang memperhatikan etika dalam mengirim lamaran kerja. Akibatnya pelamar kerja seringkali kehilangan kesempatan untuk lolos dalam proses rekrutmen.

Berikut adalah beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam mengirim lamaran kerja via email:

Gunakan alamat email yang profesional
Sebelum mengirim email, pastikan alamat email yang kamu gunakan adalah nama asli kamu yang formal, contohnya kamu cukup gunakan nama lengkap kamu saja. Hindari pula penggunaan alamat email yang terlalu rumit dan terkesan tidak profesional, sebab ini akan memberi kesan bahwa kamu merupakan seseorang yang kurang profesional.

 

Mengisi subjek email
Saat hendak mengirimkan lamaran kerja, jangan lupa untuk mengisi bagian subjek email sebab subjek email dapat membuat isi email kamu menjadi lebih mudah dikenali karena terletak pada bagian kepala email. Jangan sampai email kamu terlewat hanya karena kamu tidak mengisi bagian ini. Kamu bisa mengikuti format sepert: Lamaran Kerja_Nama_Posisi, atau sesuai dengan ketentuan perusahaan yang kamu lamar.

 

Tulis cover letter pada body email

Hindari mengirimkan email lamaran kerja hanya file attachment saja tanpa dilengkapi keterangan apapun. Kamu dapat menuliskan cover letter secara singkat dan jelas pada body email. Pada bagian ini kamu bisa memperkenalkan diri kamu secara singkat agar rekruter dapat lebih mudah mempertimbangkan lamaran yang telah kamu kirim .

 

Kirim email pada saat jam kerja
Hindari mengirim email diluar jam kerja seperti pada malam hari. Selain memberikan kesan yang buruk, mengirimkan email diluar jam kerja juga dapat membuat email kamu terlewat oleh recruiter. Etika yang baik untuk mengirim email lamaran kerja adalah pada saat jam kerja, yaitu antara pukul 08.00 – 17.00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *